RSS

RPP fisika kelas XI smt 3 karakter bangsa

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

 

B. STUDI FISIKA

KELAS XI

TAHUN AJARAN 2011-2012

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

SMKN 7 JAKARTA

Jl. Tenggiri No. 1 Jakarta Timur
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/3

Pertemuan/Waktu             :  Pertama – Kedua /6 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan konsep impuls dan momentum dalam perhitungan

Kompetensi Dasar            :  Menguasai konsep implus dan momentum dan hukum kekekalan momentum

Metode                              :  Diskusi informasi dan mengerjakan soal
Indikator

  • Memformulasikan konsep impuls dan momentum serta keterkaitan antara keduanya.
  • Merumuskan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar.

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

Pengertian momentum dan Impuls

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pertemuan pertama

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami peta konsep besaran fisika tentang Momentum linear
  • Siswa memahami konsep impuls dan menuliskan persamaannya

Elaborasi

  • Siswa menghitung besar impuls pada sebuah grafik F – t

Konfirmasi

  • Bersama siswa membahas soal latihan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.
(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa

–       Hasil kali gaya impulsif dan selang waktu disebut impuls

–       Momentum adalah ukuran kesukaran untuk memberhentikan suatu benda

(10 menit)
   

 

1. Pertemuan kedua

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami konsep momentum dan menuliskan persamaannya            p = m v
  • Siswa menurunkan hubungan antara impuls dan momentum
  • Siswa menurunkan hukum II newton dalam bentuk momentum

      Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

  • Bersama siswa membahas soal latihan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.
(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa

–       Hasil kali gaya impulsif dan selang waktu disebut impuls

–       Momentum adalah ukuran kesukaran untuk memberhentikan suatu benda

(10 menit)

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

Sebuah benda 5 kg, diberi gaya konstan 20 N, sehingga kecepatannya berubah dari 8 m/s menjadi 18 m/s. Hitunglah berapa lama gaya yang bekerja pada benda tsb !

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/3

Pertemuan/Waktu             :  Ketiga / 3 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan konsep implus dan momentum dalam perhitungan

Kompetensi Dasar            :  Menguasai konsep implus dan momentum dan hukum kekekalan momentum

Metode                              :  Demonstrasi
Indikator

Merumuskan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar.

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

Hukum kekekalan momentum

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ketiga

1.   Pendahuluan

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa melakukan percobaan menyelidiki hukum kekekalan momentum
  • Siswa merumuskan hukum kekekalan momentum linear

Psebelum = Psesudah

PA +  PB = PA’ +  PB

mAvA = mBvB = mAvA’ = mBvB

  • Siswa menurunkan hukum II newton bentuk momentum

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa momentum total yang konstan dan suatu sistem benda-benda (sedikitnya dua benda) di mana pada sistem tersebut tidak bekerja gaya luar

 

(10 menit)
   

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet
  • Ticker time

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

Contoh soal:

Sebuah meriam kuno diletakkan di atas sebuah kendaraan beroda. Berat kendaraan 2 ton dan meriam 3 ton. Kendaraan mula-mula diam. Setelah menembakkan pelurunya dengan kecepatan 400 m/s dan jika massa peluru 3 kg. Hitunglah kecepatan kendaraan bertolak ke belakang !

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/3

Pertemuan/Waktu             :  Keempat dan kelima /6 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan konsep implus dan momentum dalam perhitungan

Kompetensi Dasar            :  Mengenali jenis-jenis tumbukan

Metode                              :  Diskusi informasi dan mengerjakan soal
Indikator

  • Mengintegrasikan hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa tumbukan
  • Menerapkan prinsip kekekalan momentum untuk menyelesaikan masalah yang menyangkut interaksi melalui gaya-gaya internal.

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

Jenis-jenis tumbukan

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan keempat

1.   Pendahuluan

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa menyebutkan jenis-jenis tumbukan
  • Siswa memahami konsep tumbukan lenting sempurna
  • Siswa menurunkan persamaan tumbukan lenting sempurna

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa momentum total yang konstan dan suatu sistem benda-benda (sedikitnya dua benda) di mana pada sistem tersebut tidak bekerja gaya luar
(10 menit)
   

 

Pertemuan kelima

1.   Pendahuluan

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami konsep tumbukan tak lenting sama sekali
  • Siswa menurunkan persamaan tumbukan tak lenting sama sekali

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa momentum total yang konstan dan suatu sistem benda-benda (sedikitnya dua benda) di mana pada sistem tersebut tidak bekerja gaya luar
(10 menit)
   

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

Contoh soal:

Sebuah truk yang sedang berhenti ditabrak oleh sebuah mobil yang berjalan dengan kecepatan 72 km/jam. Setelah bertabrakan kedua kendaraan itu berpadu satu sama lain. Jika massa truk 1400 kg dan massa mobil 600 kg, maka kecepatan kedua kendaraan setelah tabrakan adalah . . . . . . . m/s

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/3

Pertemuan/Waktu             :  Keenam dan ketujuh /6 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan hubungan implus dan momentum dalam perhitungan

Metode                              :  Mengerjakan soal
Indikator

  • Memformulasikan konsep impuls dan momentum serta keterkaitan antara keduanya.
  • Merumuskan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar.
  • Mengintegrasikan hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa tumbukan.
  • Menerapkan prinsip kekekalan momentum untuk menyelesaikan masalah yang menyangkut interaksi melalui gaya-gaya internal.

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

Evaluasi bab

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan keenam

1.   Pendahuluan

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa mengerjakan evaluasi bab

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan motivasi untuk banyak mengerjakan soal

 

(10 menit)
   

 

Pertemuan ketujuh

1.   Pendahuluan

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa mengerjakan evaluasi bab

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan motivasi untuk banyak mengerjakan soal

 

(10 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Mencari soal dari buku lain

 

 

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

Seorang pria 70 kg dan seorang anak 35 kg berdiri saling berhadapan di atas permukaan es yang licin dan gesekannya diabaikan. Jika mereka saling mendorong dan si pria bergerak menjauh dengan kelajuan 0,3 m/s relatif terhadap es, maka jarak pisah mereka setelah 5 sekon adalah . . . . . . . . meter

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/4

Pertemuan/Waktu             :  Pertama dan Kedua/6 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan konsep fluida

Kompetensi Dasar            :  Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari (menguasai hukum fluida statis)

Metode                              :  Diskusi Informasi dan mengerjakan soal

Indikator

  • Memformulasikan konsep tekanan hidrostatika
  • Memformulasikan hukum Pascal

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

  • Tekanan Hidrostatika
  • Hukum Pascal

Media Belajar

  • Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas Xl
  • Kaleng

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan Pertama

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami peta konsep tentang Fluida Statis
  • Siswa memformulasikan rumus tekanan
  • Siswa menyebutkan aplikasi tekanan dalam kehidupan keseharian

      Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa tekanan zat cair yang hanya disebabkan oleh beratnya sendiri disebut tekanan hidrostatis

 

(10 menit)
   

 

Pertemuan kedua

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa mempelajari contoh soal
  • Siswa memahami cara kerja pengukur tekanan darah
  • Siswa memahami Konsep dasar hukum Pascal

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa tekanan zat cair yang hanya disebabkan oleh beratnya sendiri disebut tekanan hidrostatis
(10 menit)
   

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet
  • Kaleng

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

Contoh soal:

Sebuah tangki diletakkan pada sebuah menara yang tingginya 6 m dari permukaan tanah. Tinggi tangkinya 3 m. Pada tangki tersebut terdapat kebocoran. Jika tempat kebocoran tersebut 50 cm dari dasar tangki dan g = 10 m/s2, Tentukan tempat jatuhnya air diukur dari tiang menara !

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/4

Pertemuan/Waktu             :  Ketiga dan keempat / 6 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan konsep fluida

Kompetensi Dasar            :  Menguasai hukum fluida dinamis

Metode                              :  Ceramah dan mengerjakan soal
Indikator

  • Memformulasikan konsep tekanan hidrostatika
  • Memformulasikan hukum Archimedes
  • Mendeskripsikan konsep terapung, melayang, dan tenggelam
  • Menerapkan hukum Archimedes dalam masalah fisika sehari-hari
  • Mendeskripsikan konsep tegangan permukaan

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

  • Hukum Archimedes

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ketiga

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
  • Mengulang materi sebelumnya

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami konsep hukum Archimedes
  • Bahwa, gaya apung = berat benda di udara – berat benda di dalam air
  • Siswa memformulasikan hukum Archimedes

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa suatu benda yang dicelupkan seluruhnya dalam zat cair selalu menggantikan volume zat cair yang sama dengan volume benda itu sendiri

 

(10 menit)
   

 

Pertemuan keempat

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
  • Mengulang materi sebelumnya
(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

       Eksplorasi

  • Siswa menyebutkan aplikasi hukum archimedes
  • Siswa memahami perbedaan mengapung, tenggelam dan melayang

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa suatu benda yang dicelupkan seluruhnya dalam zat cair selalu menggantikan volume zat cair yang sama dengan volume benda itu sendiri
(10 menit)
   

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet
  • Kaleng

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

Contoh soal:

Sebuah benda memiliki massa jenis 0,8 gr/cm3, sedangkan volumnya V. Benda tersebut terapung bebas pada permukaan air yang mempunyai massa jenis 1 gr/cm3. Berapa bagiankah volum benda tersebut yang berada di bawah permukaan air !

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/4

Pertemuan/Waktu             :  Kelima dan Keenam / 6 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan konsep fluida

Kompetensi Dasar            :  Menghitung fluida statis dan dinamis

Metode                              :  Diskusi informasi dan mengerjakan soal
Indikator

  • Memformulasikan konsep tekanan hidrostatika
  • Memformulasikan hukum Pascal
  • Memformulasikan hukum Archimedes
  • Mendeskripsikan konsep terapung, melayang, dan tenggelam
  • Menerapkan hukum Archimedes dalam masalah fisika sehari-hari
  • Mendeskripsikan konsep tegangan permukaan
  • Memformulasikan gejala kapilaritas
  • Mendeskripsikan konsep viskositas

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan kelima

1.   Pendahuluan

  •  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
  •  Mengulang materi sebelumnya

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa mengerjakan evaluasi bab

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan      memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan motivasi agar rajin menjawab soal

 

(10 menit)
   

 

Pertemuan keenam

1.   Pendahuluan

  •  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
  •  Mengulang materi sebelumnya

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa mengerjakan evaluasi bab

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan      memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan motivasi agar rajin menjawab soal

 

(10 menit)
4.   Pekerjaan Rumah  

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

Sebuah benda ditimbang di udara beratnya 20 N, bila ditimbang di dalam air beratnya menjadi 15 N, bila massa jenis air 1 gr/cm3 dan g =10 m/s2.

Hitunglah:

  1. Gaya archimides
  2. Volum benda

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/4

Pertemuan/Waktu             :  Ketujuh dan Kedelapan / 6 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan konsep fluida

Kompetensi Dasar            :  Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Metode                              :  Ceramah dan mengerjakan soal
Indikator

  • Mendeskripsikan konsep fluida ideal
  • Memformulasikan persamaan kontinuitas
  • Memformulasikan asas Bernouli
  • Menerapkan asas Bernouli pada masalah fisika sehari-hari

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

  • Fluida ideal
  • Persamaan kontinuitas
  • Asas Bernouli

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ketujuh

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
  • Mengulang materi sebelumnya

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami konsep fluida Ideal
  • Siswa memformulasikan persamaan Kontinuitas dan

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan aliran fluida yang mengikuti suatu garis urus melengkung yang jela ujung dan pangkalnya disebut garis arus

 

(10 menit)
   

 

Pertemuan kedelapan

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
  • Mengulang materi sebelumnya

 

(20 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa mempelajari contoh soal
  • Siswa menyebutkan aplikasi asas Bernoulli

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

(105 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan aliran fluida yang mengikuti suatu garis urus melengkung yang jela ujung dan pangkalnya disebut garis arus
(10 menit)
   

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

Contoh soal:

Sebuah pipa dengan luas penampang tetap di tempatkan sedemikian rupa sehingga beda ketinggian pipa adalah 1 meter. Bila kecepatan fluida pada bagian atas 1 m/s dan kecepatannya menjadi 6 m/s pada bagian bawahnya. Hitunglah perbedaan tekanan antara pipa atas dengan pipa bawah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/4

Pertemuan/Waktu             :  Pertama dan kedua / 6 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menginterpretasikan sifat mekanik bahan

Kompetensi Dasar            :  Menguasai konsep elastisitas bahan

Metode                              :  Diskusi informasi dan demonstrasi
Indikator

  • Mendeskripsikan karakteristik gaya pada benda elastis percobaan
  • Mengidentifikasi modulus elastis dan konstanta gaya
  • Membandingkan tetapan gaya berdasarkan atas pengamatan

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

  • Elastisitas Zat Padat
  • Tegangan dan Regangan

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan pertama

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami peta konsep besaran fisika tentang Gerak Harmonik pada Benda Elastis.
  • Siswa mempelajari gerak harmonik sederhana
  • Siswa melihat perubahan bentuk tanah liat melalui gambar

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa sitat elastis adalah kemampuan suatu benda untuk kembali ke bentuk awalnya setelah gaya luar yang diberikan kepada benda itu dihilangkan.
(5 menit)
   

 

Pertemuan kedua

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa melihat pertambahan panjang pegas yang diberi beban
  • Siswa membedakan tegangan dan regangan
  • Siswa mempelajari contoh soal pada buku paket

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa sitat elastis adalah kemampuan suatu benda untuk kembali ke bentuk awalnya setelah gaya luar yang diberikan kepada benda itu dihilangkan.
(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Soal latihan
 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

Sebuah kawat baja dengan luas penampang 10 mm2 ditarik dengan gaya 500 N. Jika panjang kawat mula-mula 4 meter dan modulus elastisitas kawat baja 2 x 1011 N/m2.

Hitunglah:

  1. Tegangan kawat
  2. Regangan kawat
  3. Pertambahan panjang kawat

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/4

Pertemuan/Waktu             :  Ketiga / 3 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menginterpretasikan sifat mekanik bahan

Kompetensi Dasar            :  Menguasai Hukum Hooke

Metode                              :  Demonstrasi dan mengerjakan soal
Indikator

  • Mendeskripsikan karakteristik gaya pada benda elestis berdasarkan data percobaan
  • Mengidentifikasi modulus elastis dan konstanta gaya
  • Membandingkan tetapan gaya berdasarkan atas pengamatan

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

Hukum Hooke

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ketiga

1.   Pendahuluan

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami hukum Hooke
  • Siswa menggambarkan grafik gaya tank terhadap pertambahan panjang pegas
  • Siswa mempelajari contoh soal

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa “jika gaya tank tidak melampaui batas elastis pegas, pertambahan panjang pegas berbanding lurus (sebanding) dengan gaya tariknya.

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet
  • Beban, mistar, pegas, tali

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

 

Sebuah pegas memiliki panjang 2s0 cm. Sebuah beban yang massanya 10 kg digantungkan pada pegas tersebut, sehingga panjang pegas menjadi 25 cm. Jika g = 10 m/s2. Hitunglah konstanta pegas tersebut !

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/4

Pertemuan/Waktu             :  Keempat / 3 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menginterpretasikan sifat mekanik bahan

Kompetensi Dasar            :  Menentukan kekuatan bahan

Metode                              :  Diskusi informasi dan Demonstrasi
Indikator

  • Menganalisis susunan pegas sen dan paralel
  • Mendeskripsikan karakteristik gerak pada getaran pegas
  • Menjelaskan hubungan antara periode getaran dengan massa beban berdasarkan data pengamatan
  • Menganalisis gaya, simpangan, dan kecepatan pada gerak benda

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

Analisis Gerak Harmonik

  • Gaya pemulih
  • Periode dan frekuensi
  • Konstanta gaya pegas gabungan

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan keempat

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa mempelajari gaya pemulih yang bekerja pada suatu benda yang dihubungkan dengan pegas.
  • Siswa menunjukkan contoh gerak harmonik sederhana
  • Siswa mengulang definisi dan frekuensi dan periode

 

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa gaya pemulih adalah gaya yang besarnya sebanding dengan simpangan dan selalu berlawanan arah dengan simpangannya

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Mengerjakan soal latihan

 

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet
  • Pegas, stopwatch, tali dan beban

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

Contoh soal:

Sebuah pegas dengan tetapan gaya k = 50 N/m dengan massa beban m = 50 gram.

Dari keadaan setimbang pegas ditarik dengan gaya 2 N.

Hitunglah:

  1. Simpangan maximum pegas
  2. Perioda getarannya
  3. Frekuensi getarannya

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/4

Pertemuan/Waktu             :  Kelima / 3 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menginterpretasikan sifat mekanik bahan

Kompetensi Dasar            :  Menentukan kekuatan bahan

Metode                              :  Mengerjakan soal
Indikator

  • Menganalisis susunan pegas seri dan paraIel
  • Mendeskripsikan karakteristik gerak pada getaran pegas
  • Menjelaskan hubungan antara periode getaran dengan massa beban berdasarkan data pengamatan
  • Menganalisis gaya, simpangan, dan kecepatan pada gerak benda

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

Analisis Gerak Harmonik

  • Energi gerak harmonik sederhana

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan kelima

1.   Pendahuluan

  • Mengulang materi sebelumnya dan membacakan Indikator.

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa menurunkan energi mekanik gerak harmoni sederhana

 

 

 

  • Siswa memahami energi potensial pegas dan grafik
  • Siswa mempelajari contoh soal

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan motivasi untuk banyak mengerjakan soal
(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Soal latihan 3 nomor 25 hlm. 84

 

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

Sebuah bandul dengan massa beban 100 gram dan panjang talinya 40 cm. Apabila percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 dan bandul tersebut diberi simpangan sudut α = 10o.

Hitunglah:

  1. Amplitudo getaran arah mendatar
  2. Gaya pada sa’at simpangan maximum
  3. Perioda getaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/4

Pertemuan/Waktu             :  Keenam / 3 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menginterpretasikan sifat mekanik bahan

Kompetensi Dasar            :  Menentukan kekuatan bahan

Metode                              :  Mengerjakan soal
Indikator

  • Mendeskripsikan karakteristik gaya pada benda elestis berdasarkan data percobaan
  • Mengidentifikasi modulus elastis dan konstanta gaya
  • Membandingkan tetapan gaya berdasarkan atas pengamatan
  • Menganalisis susunan pegas sen dan paralel
  • Mendeskripsikan karakteristik gerak pada getaran pegas
  • Menjelaskan hubungan antara periode getaran dengan massa beban berdasarkan data pengamatan
  • Menganalisis gaya, simpangan, dan kecepatan pada gerak benda

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

Evaluasi

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan keenam

1.   Pendahuluan

  • Mengulang materi sebelumnya dan membacakan Indikator.

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa mengerjakan evaluasi bab 3. HIm. 86

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan motivasi untuk banyak mengerjakan soal

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

 

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

Sebuah pegas dengan konstanta gaya 10 N/m melakukan getaran periodik, massa beban pada pegas 100 gram. Apabila simpangan maximum dari getaran tersebut 5 cm.

Hitunglah:

  1. Kecepatan maximum dari getaran
  2. Energi mekanik getaran

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/4

Pertemuan/Waktu             :  Pertama – Ketiga / 9 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan Hukum Termodinamika

Kompetensi Dasar            :  Menguasai dan Menggunakan hukum Termodinamika

Metode                              :  Diskusi informasi dan mengerjakan soal
Indikator

  • Menganalisis keadaan gas karena perubahan suhu, tekanan dan volume
  • Mendeskripsikan usaha, kalor dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
  • Menganalisis perubahan gas ideal berdasarkan grafik tekanan – volume (P – V)

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

Usaha dan Proses dalam Termodinamika

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan pertama

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami Peta konsep Termodinamika
  • Siswa memahami Pengertian Usaha, kalor, dan energi dalam
  • Siswa memformulasikan pada proses isobarik

 

 

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa usaha yang dilakukan oleh sistem sama dengan luas daerah di bawah grafik p-V dengan batas volume awal V1 sampai dengan votum akhir V2.

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

 

 

 

Pertemuan kedua

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami dan memformulasikan proses isobarik
  • Siswa memahami dan memformulasikan proses isokhorik
  • Siswa memahami dan memformulasikan proses isothermal

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa usaha yang dilakukan oleh sistem sama dengan luas daerah di bawah grafik p-V dengan batas volume awal V1 sampai dengan votum akhir V2.

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

 

 

 

Pertemuan ketiga

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami dan memformulasikan proses adiabatik
  • Siswa mempelajari contoh soal

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa usaha yang dilakukan oleh sistem sama dengan luas daerah di bawah grafik p-V dengan batas volume awal V1 sampai dengan votum akhir V2.

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

 

 

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

Contoh soal:

Dalam suatu proses, suatu sistem menerima panas 1500 J dan menerima kerja sebesar 300 kal ( 1 kal = 4,18 J ). Tentukan perubahan energi dalam sistem !

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/4

Pertemuan/Waktu             :  Keempat / 3 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan Hukum Termodinamika

Kompetensi Dasar            :  Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika

Metode                              :  Diskusi Informasi, Resitasi dan Drill
Indikator

  • Memformulasikan hukum I termodinamika dan penerapannya

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

 

Materi Pokok

Hukum I Termodinamika

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan keempat

1.   Pendahuluan

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami hukum pertama termodinamika
  • Siswa mempelajari perubahan energi dalam
  • Siswa menyebutkan beberapa aplikasi hukum I termodinamika pada
    proses isobarik, isokhorik, isothermal, dan adiabatik
  • Siswa mempelajari kapasitas kalor pada berbagai suhu

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa perubahan energi dalam hanya bergantung pada keadaan awal dan keadaan akhir, dan tidak bergantung pada proses bagaimana keadaan sistem berubah.

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

 

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

 

Di dalam ruangan tertutup terdapat gas dengan suhu 27 oC. Jika gas tersebut dipanaskan hingga suhunya 127 oC dan volumnya menjadi 3x semula.

Maka tekanannya menjadi . . . . . . x semula.

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/4

Pertemuan/Waktu             :  Kelima / 3 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan Hukum Termodinamika

Kompetensi Dasar            :  Menguasai hukum termodinamika

Metode                              :  Diskusi Informasi dan mengerjakan soal
Indikator

  • Memformulasikan siklus Carnot

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

 

Materi Pokok

Siklus Termodinamika

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan kelima

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami siklus Carnot
  • Siswa mempelajari mesin kalor
  • Siswa memformulasikan kalor yang dipergunakan mesin

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa siklus carnot merupakan dasar dan mesin ideal, yaitu mesin yang memiliki efisiensi tertinggi
  • Efisiensi thermal mesin kalor ada!ah nilai perbandingan antara usaha yang dilakukan dan kalor yang diserap dan sumber suhu tinggi selama satu siklus.

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

Sebuah mesin Carnot mempunyai suhu reservoir rendah 360 oK. Untuk memperoleh usaha sebesar 12.500 J diperlukan kalor sejumlah 50.000 J. Hitunglah suhu reservoir tingginya !

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/4

Pertemuan/Waktu             :  Keenam – ketujuh / 6 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan Hukum Termodinamika

Kompetensi Dasar            :  Menggunakan hukum Termodinamika dalam perhitungan

Metode                              :  Diskusi Informasi dan mengerjakan soal
Indikator

  • Mengaplikasikan hukum II termodinamika pada masalah fisika sehari-hari
  • Merumuskan proses reversibel dan irreversibel
  • Mendeskripsikan prinsip kerja mesin pendingin

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

 

Materi Pokok

Hukum II Termodinamika

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan keenam

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami hukum kedua termodinamika
  • Siswa mempelajari pengertian entropi

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Kalor mengalir secara spontan dan benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah dan tidak mengair secara spontan dalam arah berkebalikan

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

 

 

 

Pertemuan ketujuh

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami prinsip mesin pendingin
  • Siswa mempelajari contoh soal

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Menyimpulkan bahwa, kalor mengalir secara spontan dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah dan tidak mengair secara spontan dalam arah berkebalikan.
(5 menit)
   

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian  

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

 

Sebuah kulkas mempunyai koefisien performansi 5,0. Jika suhu ruang di luar kulkas 30 oC.

Berapa suhu paling rendah di dalam kulkas !

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/4

Pertemuan/Waktu             :  Kedelapan / 3 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan Hukum Termodinamika

Kompetensi Dasar            :  Menggunakan hukum Termodinamika dalam perhitungan

Metode                              :  Mengerjakan soal
Indikator

  • Mendeskripsikan usaha, kalor dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
  • Memformulasikan hukum termodinamika dan penerapannya
  • Mendeskripsikan prinsip kerja mesin carnot
  • Mengaplikasikan hukum II termodinamika pada masalah fisika sehari-hari

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

 

Materi Pokok

Soal Evaluasi

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan kedelapan

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa mengerjakan soal evaluasi

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan soal latihan dan buku lain

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

Sejumlah gas dalam ruangan tertutup volumnya 0,5 m3 dipanaskan pada tekanan tetap sehingga volumnya berubah jadi 2 m3. Jika usaha gas tersebut 3 x 105 J. Maka tekanan gas adalah . . . . N/m2.

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/3

Pertemuan/Waktu             :  Pertama s.d Ketiga / 9 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan konsep optik

Kompetensi Dasar            :  Membedakan konsep cermin dan lensa

Metode                              :  Diskusi Informasi dan demonstrasi
Indikator

  • Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang cahaya
  • Melakukan percobaan untuk menunjukkan sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

 

Materi Pokok

Optik Geometris

  • Pemantulan cahaya
  • Pemantulan pada Cermin Datar
  • Pemantulan pada Cermin Lengkung

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan pertama

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami peta konsep tentang Cahaya
  • Siswa memahami hukum pemantulan cahaya
  • Siswa memahami pemantulan cermin datar dengan mempelajari contoh soal

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa secara matematis hukum pemantulan adalah

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Mengerjakan soal latihan

 

 

 

Pertemuan kedua

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami dan melukiskan jalannya sinar pada cermin cekung dan cembung
  • Siswa menurunkan persamaan

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa secara matematis hukum pemantulan

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Mengerjakan soal latihan

 

 

 

Pertemuan ketiga

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa menghitung perbesaran bayang pada cermin Lengkung
  • Siswa mempelajari contoh soal
  • Siswa melakukan percobaan

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa secara matematis hukum pemantulan
(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Mengerjakan soal latihan

 

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

Sebuah benda diletakkan 16 cm di depan sebuah cermin datar M. Jika cermin tersebut digerakkan 3 cm menuju ke benda tanpa mengubah kedudukan benda tersebut. Berapakah jarak antara kedudukan bayangan awal dengan bayangan akhir !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/3

Pertemuan/Waktu             :  Keempat dan kelima / 6 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan konsep optik

Kompetensi Dasar            :  Menggunakan hukum pemantulan dan pembiasan cahaya

Metode                              :  Diskusi Informasi
Indikator

  • Melakukan percobaan untuk menunjukkan sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung
  • Mengidentifikasi sifat-sifat gelombang cahaya dan peristiwa interferensi pada celah ganda
  • Mengukur panjang gelombang cahaya dengan menggunakan difraksi cahaya oleh kisi difraksi
  • Menjelaskan aplikasi efek doppler pada gelombang elektromagnetik

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

Optik Geometris

  • Pembiasan cahaya
  • Pembiasan Cahaya pada Bidang Lengkung
  • Pembiasan Cahaya pada Lensa Tipis

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan keempat

1.   Pendahuluan

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Memahami pembiasan cahaya, hukum pembiasan n1 sin i = n2 sin r
  • Mempelajari contoh soal
  • Memahami jenis-jenis lensa tipis

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Mengulang definisi bahwa cahaya yang mengenai bidang batas dua medium maka rambatan cahaya tersebut akan mengalami pembelokan

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Mengerjakan soal latihan

 

 

 

Pertemuan kelima

1.   Pendahuluan

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Melukiskan sinar-sinar istimewa pada lensa cekung dan lensa cembung
  • Mempelajari contoh soal
  • Melakukan percobaan

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Mengulang definisi bahwa cahaya yang mengenai bidang batas dua medium maka rambatan cahaya tersebut akan mengalami pembelokan

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Mengerjakan soal latihan

 

 

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

Suatu lapisan air berada di atas lapisan karbon disulfida. Misalkan cahaya datang dari air menuju bidang batas antara air dan karbon disulfida dengan sudut datang 25o.

Jika indeks bias air = 1,33 dan indeks bias karbon disulfida = 1,63.

Berapakah sudut biasnya !

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/3

Pertemuan/Waktu             :  Keenam / 3 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan konsep optik

Kompetensi Dasar            :  Menggunakan cermin dan lensa

Metode                              :  Diskusi Informasi dan mengerjakan soal
Indikator

  • Mengidentifikasi sifat-sifat gelombang cahaya dan peristiwa interferensi pada celah ganda
  • Mengukur panjang gelombang cahaya dengan menggunakan difraksi cahaya oleh kisi difraksi Melakukan percobaan untuk menunjukkan sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

Materi Pokok

Optika Fisis

  • Dispersi cahaya
  • Interferensi cahaya
  • Difraksi cahaya
  • Polarisasi cahaya

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan keenam

1.   Pendahuluan

  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Memahami peristiwa dispersi dan interferensi cahaya
  • Menurunkan sudut deviasi dan sudut dispersi
  • Memahami peristiwa difraksi dan polarisasi cahaya
  • Mempelajari beberapa jenis polarisasi

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa dispersi adalah peristiwa terurainya
    cahaya putih yang melewati sebuah prisma menjadi spektrum
    warna
  • Difraksi adalah pelenturan sebuah gelombang cahaya ketika
    melewati sebuah celah

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Mencari soal tentang optik pada buku lain

 

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

Cahaya dengan panjang gelombang  700 nm datang pada permukaan sebuah prisma dengan sudut datang  75o. Sudut pembias prisma 60o. Indeks bias prisma untuk panjang gelombang 700 nm adalah 1,45.

Hitunglah:

  1. Sudut bias pada sisi pertama
  2. Sudut datang pada sisi kedua
  3. Sudut bias pada sisi kedua
  4. Sudut deviasi

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/3

Pertemuan/Waktu             :  Pertama dan kedua / 6 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan gerak translasi, rotasi, dan keseimbangan benda tegar

Kompetensi Dasar            :  Menguasai konsep gerak translasi dan rotasi

Metode                              :  Diskusi Informasi dan mengerjakan soal
Indikator

  • Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
  • Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

 

Materi Pokok

  • Dinamika Rotasi
  • Momen Gaya
  • Momen Inersia

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan pertama

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami peta konsep dinamika rotasi
  • Siswa memahami momen gaya sebagai penyebab gerak rotasi benda
  • Siswa memahami momen inersia partikel

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa :

–       Momen inersia dan sebuah partikel bermassa m didefinisikan sebagai hasil kali massa partikel (m) dengan kuadrat jarak tegak Iurus partikel dan titik poros (r2)

 

(10 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Mencari soal tentang optik pada buku lain

 

 

 

 

Pertemuan kedua

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Menghitung momen inersia benda tegar dengan metode integrasi
  • Mempelajari beberapa momen inersia berbagai benda tegar yang homogeny

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan bahwa :

–       Momen inersia dan sebuah partikel bermassa m didefinisikan sebagai hasil kali massa partikel (m) dengan kuadrat jarak tegak Iurus partikel dan titik poros (r2)

 

(10 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Mencari soal tentang optik pada buku lain

 

 

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

Sebuah piringan hitam berotasi dengan percepatan sudut  1/3.π rad/s2 . Jika radius piringan hitam tersebut 7 cm. Hitunglah besar percepatan tangensialnya !

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/3

Pertemuan/Waktu             :  Ketiga – kelima / 9 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan gerak translasi, rotasi, dan keseimbangan benda tegar

Kompetensi Dasar            :  Menguasai konsep keseimbangan benda tegar

Menghitung gerak translasi dan rotasi

Metode                              :  Diskusi Informasi dan mengerjakan soal
Indikator

  • Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi.
  • Menganalisis masalah dinamika rotasi benda tegar untuk berbagai keadaan
  • Menganalisis gerak menggelinding tanpa slip

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

 

Materi Pokok

  • Hubungan antara Momen Gaya dengan percepatan sudut
  • Energi dan Usaha dalam Gerak Rotasi
  • Momentum sudut

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ketiga

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami hubungan antara momen gaya dengan percepatan sudut
  • Siswa memahami hukum kekekalan momentum sudut

      Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan benda bergerak translasi dengan kecepatan v sambil berotasi dengan kecepatan w.

 

(10 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Mengerjakan soal latihan

 

 

 

Pertemuan keempat

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa menurunkan Energi kinetik gerak menggelinding
  • Siswa memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut

      Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan benda bergerak translasi dengan kecepatan v sambil berotasi dengan kecepatan w.

 

(10 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Mengerjakan soal latihan

 

 

 

Pertemuan kelima

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

(10 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memformulasikan kaitan antara momentum sudut dengan torsi dan hukum kekekalan sudut pada gerak rotasi
  • Siswa menyebutkan aplikasi hukum kekekalan momentum
  • Siswa mempelajari contoh soal

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(115 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan benda bergerak translasi dengan kecepatan v sambil berotasi dengan kecepatan w.

 

(10 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Mengerjakan soal latihan

 

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

Momen gaya yang diperlukan untuk memutar tiang adalah 4000 Nm dan gaya yang diberikan pekerja adalah 800 N. Maka panjang minimal lengan agar tiang tersebut dapat diputar adalah . . . . . . . . m

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/3

Pertemuan/Waktu             :  Keenam / 3 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan gerak translasi, rotasi, dan keseimbangan benda tegar

Kompetensi Dasar            :  Menghitung keseimbangan benda tegar

Metode                              :  Resitasi
Indikator

  • Menganalisis keseimbangan partikel atau titik materi
  • Menerapkan konsep keseimbangan benda tegar dalam persoalan fisika
  • Menentukan koordinat titik tangkap gaya resultan
  • Menentukan titik berat benda-benda homogen berbentuk ruang, luasan maupun garis
  • Membedakan jenis-jenis keseimbangan statik dan keseimbangan dinamik
  • Menganalisis syarat-syarat benda menggeser, memutar maupun mengguling

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

 

Materi Pokok

Keseimbangan Partikel

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan keenam

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa memahami syarat keseimbangan statis sistem partikel
  • Siswa memahami syarat keseimbangan statis benda tegar  dan

Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Kesimpulan : suatu benda tegar berada dalam keseimbangan statis bila mula-mula benda dalam keadaan diam dan resultan gaya pada benda sama dengan nol, serta torsi terhadap titik sembarang yang dipilih sebagai poros sama dengan nol
(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

  • Memberikan soal

 

 

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

 

Jelaskan pengertian yang kamu ketahui tentang:

  1. Benda tegar
  2. Momen gaya
  3. Momen kopel
  4. Titik berat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                  :  FISIKA

Kelas/Semester                :  XI/3

Pertemuan/Waktu             :  Ketujuh / 3 x 45 menit

Standar Kompetensi         :  Menerapkan gerak translasi, rotasi, dan keseimbangan benda tegar

Kompetensi Dasar            :  Menghitung keseimbangan benda tegar

Metode                              :  Ceramah dan mengerjakan soal

 

 
Indikator

  • Menganalisis keseimbangan partikel atau titik materi
  • Menerapkan konsep keseimbangan benda tegar dalam persoalan fisika

Pendidikan karakter bangsa

Jujur, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, kerja sama, peduli lingkungan

 

Materi Pokok

  • Keseimbangan Benda Tegar
  • Momen gaya
  • Momen kopel
  • Syarat keseimbangan benda tegar

 

Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ketujuh

1.   Pendahuluan

  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya

 

(5 menit)
2.   Kegiatan Inti

Eksplorasi

  • Siswa menghitung momen gaya dan momen kopel

 

  • Siswa memahami konsep titik berat
  • Siswa mempelajari contoh soal

      Elaborasi

  • Siswa diberikan latihan soal untuk dikerjakan secara individu.

Konfirmasi

Bersama siswa membahas soal latihan yang telah dikerjakan dan memberikan nilai positif kepada siswa yang menjawab dengan benar.

 

(125 menit)
3.   Penutup

  • Memberikan kesimpulan momen kopel M didefinisikan sebagai hasil kali antara gaya F dengan jarak antara kedua gaya d.

 

 

(5 menit)
4.   Pekerjaan Rumah

 

 

 

Sumber Belajar/Alat/Bahan

  • Buku pelajaran
  • LKS
  • Internet

 

Lembar Penilaian

  • Tes tertulis

 

Contoh soal:

Seorang montir ingin membuka baut yang mempunyai momen sebesar 3000 Nm. Besarnya gaya yang harus diberikan montir itu, jika ia menggunakan kunci ring yang mempunyai lengan sepanjang 1 m adalah . . . . . . N.

 

 

 

 

 

2 responses to “RPP fisika kelas XI smt 3 karakter bangsa

  1. rosanto

    Oktober 4, 2011 at 1:56 am

    pak…. saya minta tolong kirimi silabu dan rpp fisika yang terbaru donk…. terimakasih atas bantuanya

     
    • mgmpfisikajaktim

      Oktober 31, 2011 at 2:15 am

      Silahkan dicari di halaman ini, Rosanto, kalau ada kurangnya yach tolong ditambahin lagi, yang lainnya belum di update tunggu sebentar yach rosanto

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: