RSS

RPP kelas X/smt 1-2 belum pakai karakter bangsa

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 1 (Ganjil)

Pertemuan Ke –                               :  1 ; 2

Alokasi Waktu                                  :  4 x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Mengukur Besaran

Kompetensi Dasar                          :  Menguasai konsep besaran dan satuannya

Indikator                                        :  – Besaran pokok dan besaran turunan
dibandingkan.

- Satuan besaran pokok diterapkan dalam
sistim internasional

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat mengukur suatu benda dengan ketelitiannya.
  2. Siswa dapat menjelaskan hasil kerja yang diukurnya.
  3. Siswa dapat menjelaskan suatu jenis- jenis kesalahan dalam pengukuran.
  4. Siswa dapat mengolah data hasil pengukuran yang disajikan dalam bentuk tabel atau grafik.

 

II.         MATERI  AJAR

  • Pengukuran panjang dengan mistar, jangka sorong, dan micrometer skrup.
  • Standar untuk satuan, panjang,massadan waktu.
  • Besaran pokok dan turunan.
  • Standar untuk satuan dari besaran turunan dengan  analisis dimensional

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari cara pengukurannya dengan skala tertentu pada beberapa besaran dengan alat ukur yang sesuai seperti panjang, lebar kertas, ketebalan kertas, dll.

B.  Kegiatan Inti

  • Dalam melaksanakan pengukuran dengan menggunakan alat ukur sesuai tingkat ketelitiannya.
  • Mendiskusikan materi dan dapat memecahkan permasalahannya.
  • Mengajukan pertanyaan kepada guru jika terdapat  materi yang belum jelas.

C.  Kegiatan Akhir

  • Mengambil kesimpulan dari hasil yang telah didiskusikan.
  • Diberi tugas siswa pada bagian materinya.
  • Membuat laporan hasil percobaan pengukuran.

 

  1. Sumber Belajar/Alat/Bahan
  • Buku pelajaran
  • Lks
  • Internet
  1. Lembar Penilaian
  • Tes tertulis
  • Tes lisan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 1 (Ganjil)

Pertemuan Ke –                               :  3 ; 4 ; 5

Alokasi Waktu                                  :  6 x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Mengukur Besaran dan Satuan

Kompetensi Dasar                          :  Menggunakan alat ukur yang tepat untuk
mengukur suatu besaran fisis

Indikator                                        :  – Nilai yang ditunjukkan alat ukur dibaca
secara tepat,serta hasil pengukuran ditulis
sesuai aturan penulisan angka penting
dengan batas tingkat ketelitiannya.

- Angka penting didefinisikan dan diterapkan
dalam pengukuran sehinga kesalahan
sistimatik dapat dihitung.

 

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat menuliskan nama alat ukur dan kegunaannya yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Siswa dapat menyusun tabel tentang besaran dengan alat ukur dan satuannya dalam SI.
  3. Siswa dapat mengukur beberapa besaran dengan alat ukur yang sesuai seperti panjang, lebar, tebal kertas, diameter rambut, dll.
  4. Siswa dapat menyajikan data hasil pengukuran baik dalam bentuk tabel maupun grafik dengan menggunakan  aturan angka penting.

 

II.         MATERI  AJAR

  • Menghitung suatu ukuran dengan ketelitiannya.
  • Pengertian besaran dan aturan angka penting.
  • Pengertian besaran pokok dan contohnya.
  • Pengertian besaran turunan dan contohnya.
  • Pengertian satuan dan penetapan standar.

 

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari permasalahan besaran pokok dan besaran turunan.

B.  Kegiatan Inti

  • Besaran pokok terdiri  massa, panjang ,waktu, suhu, kuat arus, intensitas cahaya dan jumlah zat.
  • Besaran turunan tersusun atas besaran-besaran pokok seperti luas, kecepatan,gaya, dll.
  • Mendiskusikan materi dan menyelesaikan permasalahan.
  • Bertanya kepada Instruktur / guru jika belum mengerti.

C.  Kegiatan Akhir

  • Mengambil kesimpulan dari hasil yang telah didiskusikan.
  • Diberi tugas siswa pada bagian materinya.
  • Membuat laporan hasil percobaan.

 

  1. Sumber Belajar/Bahan/Alat
  • Buku pelajaran
  • Lks
  • Penggaris,jangka sorong,micrometer skrup
  • Benda yang diukur

VI.             PENILAIAN

  • Observasi
  • Pengamatan
  • Laporan praktikum

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 1 (Ganjil)

Pertemuan Ke –                               :  6 ; 7 ; 8

Alokasi Waktu                                  :  6 x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Menerapkan Hukum Gerak danGaya.

Kompetensi Dasar                          :  Menggunakan Hukum Newton

Indikator                                        : -Hukum I,II,III,dibuktikan melalui percobaan
dan contoh permasalahan pada kehidupan
sehari hari

-Penjumlahan gayagayadihitung melalui
persamaan matematis

 

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat menjelaskan pengertiangayayang bekerja pada sebuah benda.
  2. Siswa dapat menjelaskan pengertian hukum-hukumNewtontentang gerak.
  3. Siswa dapat membedakan pengertianmassadan berat.
  4. Siswa dapat menjelaskan dan menentukan besar komponengayapada penguraiannya.

 

II.         MATERI  AJAR

  • Hukum-hukumNewtontentang gerak dengan perhitungannya.
  • Aplikasi huku-hukumNewtondengan menggunakan gambar (diagram)gaya.
  • Pengertian gaya,massadan percepatan yang dialami benda.

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari pengertian hukum-hukumNewtonI, II dan III

B.  Kegiatan Inti

  • Membuat berbagai macam contoh tentang penggunaan hukumNewton.
  • Mendiskusikan materi dan menyelesaikan permasalahan.
  • Bertanya kepada Instruktur / guru jika belum mengerti.

C.  Kegiatan Akhir

  • Mengambil kesimpulan dari hasil yang telah didiskusikan.
  • Diberi tugas siswa pada bagian materinya.

 

V.        Sumber Belajar/Alat/Bahan

 

  • Buku pelajaran
  • Lks
  • Lingkungan sekolah
  • Ticker timer
  • Landasan
  • Gunting
  • Kerta luncur
  • pegas

 

VI.             PENILAIAN

  • Kuis
  • Tugas kelompok
  • Laporan praktekum

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 1 (Ganjil)

Pertemuan Ke –                               : 9 ; 10 ; 11

Alokasi Waktu                                  :  6 x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Menerapkan Hukum Gerak danGaya.

Kompetensi Dasar                          :  Menghitung gerak lurus

Indikator                                        :  -Arti fisis dari GLB,GLBB dan
didemonstrasikan.

-Besaran besaran fisika dam GLB dan GLBB
dinyatakan dalam bentuk persamaan untuk
memecahkan masalah

 

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat membedakan kedudukan, perpindahan dan gerak.
  2. Siswa dapat menjelaskan pengertian gerak lurus beraturan dengan penggunaan rumusnya.
  3. Siswa dapat menjelaskan pengertian gerak lurus berubah beraturan dengan penggunaan rumusnya
  4. Siswa dapat menjelaskan pengertian gerak jatuh bebas dengan penggunaan rumusnya.
  5. Siswa dapat membedakan perlambatan dan percepatan pada pemakaian rumus GLBB (vertikal, horizontal, melingkar)

 

II.         MATERI  AJAR

  • Teliti dalam menghitung GLB dan GLBB.
  • Pengertian GLB dan GLBB berikut perhitungannya.
  • Merumuskan bentuk persamaan kecepatan untuk GLB dan GLBB dengan menggunakan grafik.

 

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari pengertian Gerak lurus beraturan (GLB) dan Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) baik yang diperlambat maupun  dipercepat.

B.  Kegiatan Inti

  • Mencari bentuk permasalahan yang berhubungan dengan GLB.
  • Mengetahui materi yang dibicarakan tentang GLBB dipercepat dan diperlambat..
  • Mendiskusikan materi dan dapat memecahkan masalahnya.
  • Menanyakan kepada Instruktur / guru jika belum dapat dipecahkan.

C.  Kegiatan Akhir

  • Mengambil kesimpulan dari hasil yang telah didiskusikan.
  • Diberi tugas siswa pada bagian materinya.
  • Memberikan informasi tentang kegunaan GLB dan GLBB

 

V. Sumber Belajar/Bahan/Alat

  • Buku pelajaran
  • Lks
  • Lingkungan sekolah
  • Kit mekanika

VI.             PENILAIAN

  • Kuis
  • Tugas kelompok

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 1 (Ganjil)

Pertemuan Ke –                               : 12 ; 13 ; 14

Alokasi Waktu                                  :  6 x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Menerapkan Hukum Gerak danGaya.

Kompetensi Dasar                          : – Menghitung gerak melingkar.

Indikator                                        :   Gerak melingkar beraturan (GMBB)
dirumuskan secara kuantitatif.

- Pengertian percepatan sentripetal
dideskripsikan dan diaplikasikan dalam
kehidupan sehari hari

-Contoh GMBB dan GMB dideskripsikan
dalam kehidupan sehari hari.

- Perumusan kuantitatif gerak melingkar
berubah beraturan disintesis

 

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat membedakan perioda dan frekuensi.
  2. Siswa dapat menghitung kecepatan dan percepatan sudut (linier dan anguler).
  3. Siswa dapat menghitung percepatan sentripetal dangayasentripetal.
  4. Siswa dapat menghitung percepatan sentrifugal dangayasentrifugal.
  5. Siswa dapat menentukangayatangensial pada hubungan dua roda sepusat kecepatan sudut pada hubungan dua roda bersinggungan.

 

II.         MATERI  AJAR

  • Beberapa besaran pada gerak melingkar beraturan.
  • Laju linier dan kecepatan sudut.
  • Percepatan dangayasentripetal.dan sentrifugal.
  • Perpindahan gerak melingkar pada roda-roda bergigi.

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari gerak melingkar beraturan GMB dan GMBB dengan percobaan dan menggunakan alat sentripetal.

B.  Kegiatan Inti

  • Memahami hubungan antar perioda dan frekuensi.
  • Mendiskusikan masalahgayasentripetal dangayasentrifugal.
  • Dapat mencari kecepatan sudut pada dua roda atau lebih yang dihubungkan dengan sabuk.

C.  Kegiatan Akhir

  • Mengambil kesimpulan dari hasil yang telah didiskusikan.
  • Memberi tugas siswa untuk mengamati perputaran roda dengan diameter yang berbeda.
  • Membuat perhitungan gerak melingkar beraturan.

 

  1. Sumber Belajar/Bahan/Alat
  • Buku pelajaran
  • Lks
  • Lingkungan sekolah
  • Alat sentripetal

 

VI.             PENILAIAN

  • Kuis
  • Observasi
  • Tugas kelompok

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 1 (Ganjil)

Pertemuan Ke –                               :  15 ; 16 ; 17

Alokasi Waktu                                  :  6 x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Menerapkan Hukum Gerak danGaya.

Kompetensi Dasar                          :  Menghitunggayagesek.

Indikator                                        :  – Adanya gayagesekan yang terjadi diantara
2 permukaan dibuktikan melalui percobaan
dengan tingkat kekasaran permukaan yang
berbeda

- Percobaan gerak benda pada bidang miring
dibawah pengaruh gaya gesekan  yang
dirancang

- Besarnya gayagesek dirumuskan dan
diterapkan dalam kehidupan sehari hari

 

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat membedakangayagesek statis dangayagayagesek kinetis.
  2. Siswa dapat menggunakan rumus gesekan statis dan kinetis dalam perhitungan.
  3. Siswa dapat menganalis gerak benda dibawah pengaruh gesekan.
  4. Siswa dapat mengetahui bahwagayagesek ditentukan oleh koefisien gesek bahannya.

 

II.         MATERI  AJAR

  • Dinamika gerakgayagesekan.
  • Teliti menentukan koefisien gesek bahan.
  • Pengertian dan perhitungangayagesek statis dan kinetis.
  • Menghitunggayagesek statis dan dinamis.

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari menganalisis gerak benda dibawah pengaruhgayagesekan.

B.  Kegiatan Inti

  • Menganlisa berbagai kegiatan gerak benda terhadap benda lain.
  • Mendiskusikan materigayagesek kemudian selesaikan permasalahan yang timbul.
  • Mengajukan pertanyaan kepada guru, jika belum jelas.

C.  Kegiatan Akhir

  • Mengambil kesimpulan dari hasil yang telah didiskusikan.
  • Memberi tugas kelompok
  • Diberi pekerjaan rumah dan dilaporkan.

 

  1. Sumber Belajar/Bahan/Alat
  • Buku pelajaran
  • Lks
  • Lingkungan sekolah
  • Alat bidang miring
  • Bidang datar yang berbeda kekasarannya
  • Benang ,balok,jam henti

VI.     Penilaian

  • Kuis
  • Observasi
  • Tugas kelompok

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 1 (Ganjil)

Pertemuan Ke –                               :  18 ; 19 ; 20

Alokasi Waktu                                  :  7 x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Menerapkan konsep usaha, energi dan daya.

Kompetensi Dasar                          :  Menguasai konsep usaha energi dan daya.

Indikator                                        :  -Konsep usaha sebagai hasil kali gayadan
perpindahan dibuktikan melalui persamaan
matematis.

-Usaha yang dilakukan samadengan
perubahan energi kinetic pada benda
dihitung menggunakan rumus

-Energi potensil gravitasi dan energi potensial
listrik dibandingkan secara kuantitatif

 

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat membedakan pengertian energi kinetik dengan energi potensial.
  2. Siswa dapat mengetahui hubungan antara energi kinetik, potensial, dan energi mekanik.
  3. Siswa dapat menentukan besar kecilnya energi suatu benda..

 

II.         MATERI  AJAR

  • Pengertian energi kinetik.
  • Pengertian energi potensial.
  • Pengertian energi mekanik.
  • Menghitung besarnya energi mekanik.

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari berbagai bentuk energi dan dapat menggunakan hukum-hukum energi untuk memecahkan soal-soal sederhana.

B.  Kegiatan Inti

  • Mencari beberapa bentuk energi berikut hukum-hukumnya.
  • Menghitung beberapa persoalan energi.
  • Mendiskusikan permasalahan yang timbul.
  • Membuat beberapa pertanyaan kepada guru karena belum jelas.

C.  Kegiatan Akhir

  • Membuat laporan kegiatan susuai dengan pembelajaran.
  • Menyimpulkan  hasil diskusi.
  • Memberikan tugas / pekerjaan rumah.

 

V.      SUMBER BELAJAR/BAHAN/ALAT

  • LKS.
  • Buku pelajaran
  • Lingkungan sekolah

 

VI.             PENILAIAN

  • Observasi
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 1 (Ganjil)

Pertemuan Ke –                               :  21 ; 22

Alokasi Waktu                                  :  5 x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Menerapkan konsep usaha, energi dan daya.

Kompetensi Dasar                          :  Menguasai hukum kekekalan energi

Indikator                                        :  – Hukum kekekalan energi mekanik pada
gerak benda dibawah medan gaya
konservatif dirumuskan secara matematis

- Penerapan konservasi energi diuraiakan
secara kuantitatif dan kualitatif

 

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat membedakan pengertian usaha dan energi kinetik.
  2. Siswa dapat mengetahui hubungan antara usaha dengan energi.
  3. Siswa dapat menentukan besar usaha dari suatu benda.

 

II.         MATERI  AJAR

  • Pengertian usaha.
  • Hubungan usaha olehgayatetap dengangayaenergi kinetik

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

 

 

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari hubungan antara usaha dan perubahan energi kinetik.

B.  Kegiatan Inti

  • Teliti dalam menghitung usaha dan energi kinetik.
  • Pengertian yang menunjukkan kaitan antara usaha dan perubahan energi kinetik.
  • Perhitungan usaha.

C.  Kegiatan Akhir

  • Mengambil kesimpulan tentang usaha.
  • Penugasan untuk mencari tahu masalah usaha dan perubahan energi kinetik.
  • Memberikan tugas pekerjaan rumah.

 

  1. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
  • Buku pelajaran
  • Lks
  • Lingkungan sekolah

 

VI.             PENILAIAN

  • Tugas individu
  • Observasi
  • Tugas kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 1 (Ganjil)

Pertemuan Ke –                               :  23 ; 24

Alokasi Waktu                                  :  5 x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Menerapkan konsep usaha, energi dan daya.

Kompetensi Dasar                          :  Menghitung usaha energi dan daya

Indikator                                        : – Usaha , energi dan daya disentisis kedalam
persamaan matematis

- Usaha, energi dan daya dihitung kedalam

persamaan matematis

 

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian daya.
  2. Siswa dapat daya guna atau efisiensi.
  3. Siswa dapat menghubungkan dan menyelesaikan permasalahan yang melibatkan usaha, energi dan daya.
  4. Siswa dapat menentukan daya dari suatu benda.

 

II.         MATERI  AJAR

  • Teliti menentukan daya dan efisinsi daya.
  • Perhitungan daya dan efisiensi daya.
  • Menentukan efisiensi pada pesawat sederhana.
  • Menghitung  efisiensi/daya guna pengubah energi.

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari penerapan usaha, energi dan daya..

B.  Kegiatan Inti

  • Merumuskan hubungan antara usaha, energi, dan daya.
  • Mendiskusikan materi dan memecahkan permaslahan.
  • Menanyakan kepada guru jika terdapat yang belum jelas.

C.  Kegiatan Akhir

  • Mengambil kesimpulan tentang usaha.
  • Mengerjakan tugas kelompok
  • Memberikan tugas pekerjaan rumah.

 

  1. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
  • LKS.
  • Buku pelajaran
  • Lingkungan sekolah

VI.             PENILAIAN

  • Tugas individu
  • Observasi
  • Tugas kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 2 (Genap)

Pertemuan Ke –                               :  25 ; 26 ; 27

Alokasi Waktu                                  :   7 x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Menginterpretasikan sifat mekanik bahan

Kompetensi Dasar                          :  Menguasai konsep elastisitas bahan.

Indikator                                        :  – Difinisi elastisitas di deskripsikan dan di
rumuskan persamaan matematisnya

- Konsep rapat massa, erat jenis
dideskripsikan dan dirumuskan kedlam
bentuk persamaan matematis.

- Rumusan matematis dari konsep rapat
massa dan berat jenis diaplikasikan dalam
perhitungan masalah fisika sehari hari

- Konsep tegangan dan regangan
dideskripsikan dan dirumuskan kedalam
bentuk persamaan matematis

 

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat mengetahui benda tentang sifat dan teksturnya.
  2. Siswa dapat membaca grafik pada batas-batas elastis, platis dan titik patah.

 

II.         MATERI  AJAR

  • Keelastisan benda.
  • Pengertian modulus elastisitas.

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari masalah keelastisan suatu benda.

B.  Kegiatan Inti

  • Mendiskusikan permasalahan elastisitas.
  • Mengajukan pertanyaan pada guru jika terdapat yang belum jelas.

C.  Kegiatan Akhir

  • Mengambil kesimpulan dari hasi diskusi.
  • Memberikan tugas dan  pekerjaan rumah.

 

  1. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
  • LKS.
  • Buku pelajaran
  • Lingkungan sekolah
  • Benda (bola logam.balok kayu, kelereng,dll)
  • Neraca ,gelas ukur

 

VI.             PENILAIAN

  • Tugas kelompok
  • Observasi
  • Laporan praktikum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 2 (Genap)

Pertemuan Ke –                               :  28 ; 29 ; 30 ; 31

Alokasi Waktu                                  :    9  x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Menginterprestasikan sifat mekanik bahan

Kompetensi Dasar                          :  Menguasai Hukum Hooke

Indikator                                        :  – Hukum Hooke tentang elastisitas bahan
dianalisis dan dibuktikan melalui percobaan

- Konstanta pegas ditentukan dari data
percobaan

- Konstanta pegas untuk susunan pegas
seri,parallel dan gabungan dianalisis dan
dihitung dengan menggunakan rumusan
matematika

 

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat memahami sifat-sifat zat yang berhubungan dengan hukum Hooke.
  2. Siswa dapat melakukan percobaan dari hasil diskusi untuk memahami sifat-sifat zat satu hukumnya dan penerapannya.
  3. Siswa dapat menentukan konstanta pegas berdasarkan pedaoman hukum Hooke
  4. Siswa dapat menggunakan hukum-hukum Hook untuk menentukan elastisitasn bahan.

 

II.         MATERI  AJAR

  • Pengertian tentang konstanta pegas.
  • Pengertian tentanggayatarik dan tekan.
  • Merumuskan hukum-hukum Hooke.
  • Menghitung konstanta pegas.

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari hukum-hukum Hooke untuk menentukan elastisitas bahan.

B.  Kegiatan Inti

  • Teliti menentukan konstanta pegas.
  • Pengertian konstanta pegas dan menghitungnya
  • Merumuskan hukum Hooke.
  • Mendiskusikan dan pertanyaan kepada guru jika terdapat masalah yang tidak jelas.

C.  Kegiatan Akhir

  • Membuat kesimpulan pembelajaran
  • Memberikan tugas dan  pekerjaan rumah.

 

  1. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
  • Buku pelajaran
  • Lks
  • Lingkungan sekolah
  • Pegas, statif , beban,pengaris
  • Internet

 

VI.             PENILAIAN

  • Tugas kelompok
  • Observasi
  • Laporan pratikum

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 2 (Genap)

Pertemuan Ke –                               :  32 ; 33

Alokasi Waktu                                  :   4   x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Menginterprestasikan sifat melalui zat.

Kompetensi Dasar                          :  Menentukan kekuatan bahan

Indikator                                        : -Konsep modulus elastisitas dianalisis dan
dirumuskan persamaan matematisnya.

-Kekuatan bahan dianalisis berdasarkan
modulus elastisitasnya

 

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat membedakan pengertian tegangan dan regangan.
  2. Siswa dapat menghitung tegangan dan regangan bahan akibatgaya.
  3. Siswa dapat menggunakan hukum-hukum Hooke untuk menentukan elastisitas bahan.
  4. Siswa dapat menentukan modulus young atau modulus elastisitas suatu bahan.

 

II.         MATERI  AJAR

  • Teliti menentukan kekutan bahan.
  • Pengertian tegangan dan regangan.
  • Menghitung tegangan dan regangan bahan.

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari tegangan dan regangan bahan yang ditentukan menggunakan hukum Hooke.

B.  Kegiatan Inti

  • Pengertian energi potensial pegas dengan grafik
  • Mendiskusiakan materinya dan memecahkan permasalahan yang timbul.
  • Mengajukan  pertanyaan kepada guru jika terdapat masalah yang tidak jelas.

C.  Kegiatan Akhir

  • Menyimpulkan hasil diskusi.
  • Memberikan tugas dan  pekerjaan rumah.

 

  1. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
  • LKS.
  • Buku pelajaran
  • Lingkungan sekolah
  • Internet

 

VI.             PENILAIAN

  • Tugas kelompok
  • Observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 2 (Genap)

Pertemuan Ke –                               :  34 ; 35 ; 36

Alokasi Waktu                                  :  7  x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Mengukur suhu dan kalor

Kompetensi Dasar                          :  Menguasai konsep suhu dan kalor

Indikator                                        :  – Termometer digunakan untuk mengukur
suhu berbagai benda

- Kalori meter digunakan dalam menentukan
besarnya kalor yang dilepas atau diterima

 

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat membedakan macam-macam pengukuran suhu.
  2. Siswa dapat mengkonversikan nilai satu pengukur suhu ke pengukur lainnya.
  3. Siswa dapat menghitung suhu dengan skala derajat C, R, F, K

 

II.         MATERI  AJAR

  • Teliti dalam mengukur suhu benda.
  • Pengertian dan perhitungan pengukuran suhu dengan skala derajat.
  • Pengaruh suhu dan pemuaian.

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

 

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari suhu diukur dengan menggunakan thermometer.

B.  Kegiatan Inti

  • Menghubungan perbandingan skala derajat pada thermometer.
  • Mendiskusikan materi dan memecahkan permaslahan.
  • Menanyakan kepada guru jika ada yang belum jelas.

C.  Kegiatan Akhir

  • Mengambil kesimpulan.
  • Memaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi suhu.
  • Memberikan tugas dan pekerjaan rumah.

 

  1. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
  • LKS.
  • Thermometer
  • Buku pelajaran
  • Kalorimeter

 

VI.             PENILAIAN

  • Observasi
  • Tugas kelompok
  • Laporan praktikum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 2 (Genap)

Pertemuan Ke –                               :  37 ; 38 ; 39

Alokasi Waktu                                  :   7   x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Mengukur suhu dan kalor

Kompetensi Dasar                          : Menjelaskan pengaruh kalor terhadap zat.

Indikator                                        :  -Membuktikan pengaruh kalor terhadap suhu
dan wujud benda

-Azas Black di formulasikan secara kuantitatif

-Peristiwa perubahan wujud dan
karakteristiknya dijelaskan dengan
mengemukakan contoh dalam kehidupan
sehari hari

-Pemuaian panjang , luas, dan volum pada
berbagai zat dijelaskan secara kuantitatif

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian koefisien muai zat.
  2. Siswa dapat menghitung muai panjang, luas, volume dari suatu zat.
  3. Siswa dapat menggunakan hukum Boyle, Gay Lussac
  4. Siswa dapat membedakan pengertian melebur, ,menguap, mengembun,dan membeku.
  5. Siswa dapat menghitung kalor yang diperlukan dalam perubahan wujud.
  6. Siswa dapat menghitung perpindahan kalolr pada konduksi, konveksi dan radiasi.

 

II.         MATERI  AJAR

  • Teliti dalam menjelaskan pemuaian zat, perubahan wujud dan perpindahan kalor.
  • Perhitungan pemuaian zat padat, cair dan gas.
  • Pengertian melebur, mengembang dan membeku.
  • Menjelaskan faktor-faktor penting yang berpengaruh pada peristiwa perpindahan panas melalui konduksi, konveksi dan radiasi.

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari perubahan wujud dan karakteristik perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi dilakukan oleh perlakuan panas.

B.  Kegiatan Inti

  • Mendiskusikan materi pembelajaran yang kemudian dipecahkan pada tiap-tiap permasalahan.
  • Mencari tahu hukum-hukum yang belum jelas.
  • Mengajukan pertanyaan pada guru jika terdapat yang belum jelas.

C.  Kegiatan Akhir

  • Mengambil kesimpulan dari hasi diskusi.
  • Membuat tugas kelompok.
  • Memberikan tugas dan  pekerjaan rumah.

 

  1. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR

 

  • LKS.
  • Buku pelajaran
  • Internet
  • Kit hidrostatika
  • Sumber panas

 

VI.             PENILAIAN

  • Tugas kelompok
  • Observasi
  • Laporan praktikum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 2 (Genap)

Pertemuan Ke –                               :  40 ; 41 ; 42 ; 43

Alokasi Waktu                                  :   8   x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Menerapkan konsep fluida

Kompetensi Dasar                          : Menghitung fluida statis

Indikator                                        : – Hukum Pascal diterapkan dalam masalah
fisika sehari hari

- Hukum Archimedes diterapkan dalam
masalah fisika sehari-hari

 

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat menjelaskan rumus fluida statis
  2. Siswa dapat menggunakan hukum pascal dan Archimedes.
  3. Siswa dapat membedakan dan menghitung adhesi, kohesi, tegangan permukaan dan sudut kontak
  4. Siswa dapat menentukan dan menghitung angka kekentalan (vikositas) dan kecepatan aliran fluida dalam pipa.

 

II.         MATERI  AJAR

  • Penerapan fluida statis
  • Pengertian dan perhitungan tekanan hidrostatika dan hukum pascal dan hokum Archimedes.

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari hukum-hukum dasar fluida statis dan  berdasarkan hukum pascal dan hukum Archimedes

B.  Kegiatan Inti

  • Pengertian dan penerapan hukum hidrostatika.
  • Mendiskusikan materinya dan memecahkan permasalahan yang timbul.
  • Mengajukan  pertanyaan kepada guru jika terdapat masalah yang tidak jelas.

C.  Kegiatan Akhir

  • Menyimpulkan hasil diskusi.
  • Memberikan tugas dan  pekerjaan rumah.
  • Pembagian tugas kelompok.

 

  1. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
  • Buku pelajaran
  • Lks
  • Lingkungan sekolah
  • Internet

 

VI.             PENILAIAN

  • Tugas kelompok
  • Observasi
  • Ulangan harian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                                 :  Fisika

Kelas / Semester                              :  I / 2 (Genap)

Pertemuan Ke –                               :  44 ; 45 ; 46

Alokasi Waktu                                  :   6   x 45 menit

Standar Kompetensi                       :  Menerapkan konsep fluida

Kompetensi Dasar                          : Menghitung fluida dinamis

Indikator                                        : – Persamaan kontinuitas diterapkan dalam
masalah fisika sehari hari

- Hukum Bernoulli diterapkan dalam masalah
fisika sehari hari

 

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN

1.Siswa dapat menjelaskan rumus fluida dinamis

2.Siswa dapat menggunakan hukum Bernoulli

3.Siswa dapat menghitung debit pada suatu aliran

4.Penerapan Hukum Bernoulli pada pemakaian sehari-hari

 

II.         MATERI  AJAR

  • Penerapan fluida dinamis
  • Pengertian dan perhitungan Hukum Bernoulli
  • Persamaan kontinuitas pada suatu aliran

 

III.        METODE PEMBELAJARAN

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Menyelesaikan soal-soal
  4. Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

 

 

 

IV.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Awal
  • Siswa membaca dan mempelajari hukum-hukum dasar fluida dinamis dberdasarkan persamaan kontinuitas dan azas Bernoulli

B.  Kegiatan Inti

  • Pengertian dan penerapan hukum Bernoulli
  • Mendiskusikan materinya dan memecahkan permasalahan yang timbul.
  • Mengajukan  pertanyaan kepada guru jika terdapat masalah yang tidak jelas.

C.  Kegiatan Akhir

  • Menyimpulkan hasil diskusi.
  • Memberikan tugas dan  pekerjaan rumah.
  • Pembagian tugas kelompok.

 

  1. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
  • Buku pelajaran
  • Lks
  • Lingkungan sekolah
  • Internet

 

VI.             PENILAIAN

  • Tugas kelompok
  • Observasi
  • Ulangan harian

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: